Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Tuberkulosis (Tb) Di Puskesmas Kecamatan Makasar Dan Kramat Jati Jakarta Timur

Yuliana, Lisa dan Priyanto, Priyanto dan Nurhasnah, Nurhasnah (2022) Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Tuberkulosis (Tb) Di Puskesmas Kecamatan Makasar Dan Kramat Jati Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190085_LISA YULIANA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190085_LISA YULIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuberkulosis merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian dari seluruh dunia. Indonesia sebagai Negara berkembang berada di peringkat kedua jumlah kasus TB terbesar di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kepatuhan pada pasien TB. Penelitian ini menggunakan metode survei cross-sectional. Jumlah subyek yang terlibat sebanyak 60 orang. Tingkat pengetahuan dan kepatuhan pasien diukur menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan dan Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8). Hubungan tingkat pengetahuan dan kepatuhan dianalisis menggunakan program SPSS Versi.24.0 dengan uji spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mempunyai tingkat pengetahuan tinggi sebanyak 88,3%, pengetahuan sedang 11,7% dan tidak ada responden dengan tingkat pengetahuan rendah. Tingkat kepatuhan menunjukkan tingkat kepatuhan tinggi 40%, kepatuhan sedang 48,3% dan kepatuhan rendah 11,7%. Hasil analisis ini menunjukkan tidak ada responden dengan tingkat hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat kepatuhan minum obat dengan nilai p<0,05.

Kata kunci: TB Paru, Pengetahuan, Kepatuhan minum obat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:00
Last Modified: 15 Sep 2022 06:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item