Evaluasi Penggunaan Obat Pada Pasien Anak Dengan Tuberkulosis Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsau Dr. Esnawan Antariksa Pada Tahun 2017

Wahyudi, Wahyudi dan Numlil Khaira Rusdi, Numlil dan Nerry, Miellana (2022) Evaluasi Penggunaan Obat Pada Pasien Anak Dengan Tuberkulosis Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsau Dr. Esnawan Antariksa Pada Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190075_WAHYUDI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190075_WAHYUDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuberkulosis paru merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberkulosis). Gejala utama adalah batuk selama 2 minggu atau lebih, batuk disertai dengan gejala tambahan yaitu dahak bercampur darah, sesak nafas, badan lemas, nafsu makan menurun, berat badan menurun, malaise, berkeringat malam hari tanpa kegiatan fisik, demam lebih dari 1 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi obat pada pasien tuberkulosis pada anak di instalasi rawat jalan RSAU dr. Esnawan Antariksa. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian secara deskriptif dan pengambilan data secara retrospektif. Sampel penelitian ini adalah semua pasien yang didiagnosa tuberkulosis. Data yang diperoleh kemudian dievaluasi dengan toolkit yang sudah ditetapkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 52 interaksi obat. Obat berinteraksi antara obat OAT dengan OAT sebanyak 47 (90,4%) dan OAT dengan Non-OAT sebanyak 5 (9,6%). Level interaksi signifikansi mayor sebanyak (90,4%), moderat (5,8%), minor (3,8%).

Kata kunci: Obat Anti Tuberkulosis, Tuberkulosis Pada Anak, Interaksi Obat, RSAU dr. Esnawan Antariksa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:00
Last Modified: 15 Sep 2022 06:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item View Item