Aktivitas Antidepresan Fraksi N-Heksan Dan Fraksi Etil Asetat Rimpang Kunyit (Curcuma Longa L.) Pada Tikus Putih Jantan Dengan Metode Forced Swim Test

Aji Sari Laras, Ningrum dan Kriana, Efendi dan Vivi Anggia, Vivi (2022) Aktivitas Antidepresan Fraksi N-Heksan Dan Fraksi Etil Asetat Rimpang Kunyit (Curcuma Longa L.) Pada Tikus Putih Jantan Dengan Metode Forced Swim Test. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190071_LARAS SARI AJI NINGRUM.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190071_LARAS SARI AJI NINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Depresi merupakan gangguan emosional dan jiwa yang terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan neurotransmitter di otak. Kurkumin yang merupakan senyawa marker dari rimpang kunyit (Curcuma longa L.) diketahui memberikan aktivitas antidepresan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antidepresan fraksi n-heksan dan fraksi etil asetat rimpang kunyit (Curcuma longa L.) pada tikus putih jantan galur Sprague Dawley (SD) dengan parameter immobility time, hewan uji yang digunakan dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri dari 4 ekor tikus. Kelompok I kontrol negatif Na-CMC, kelompok II kontrol positif fluoksetin (2,04 mg/kgBB), kelompok III fraksi n-heksan dosis I (22,38 mg/kgBB), kelompok IV fraksi n-heksan dosis II (44,75 mg/kgBB), kelompok V fraksi n-heksan dosis III (89,50 mg/kgBB), kelompok VI fraksi etil asetat dosis I (15,78 mg/kgBB), kelompok VII fraksi etil asetat dosis II (31,56 mg/kgBB), kelompok VIII fraksi etil asetat dosis III (63,12 mg/kgBB), dilakukan dengan metode forced swim test. Parameter yang diamati immobility time yang dilakukan selama 14 hari. Data yang didapat diuji ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian dengan metode forced swim test menunjukkan terdapat penurunan immobility time pada hari ke-14 fraksi etil asetat dosis II (31,56 mg/kgBB) dan dosis III (63,18 mg/kgBB) sebanding dengan kontrol positif (fluoksetin).

Kata kunci: Curcuma longa L., fraksi n-heksan, fraksi etil asetat, antidepresan, forced swim test, immobility time

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:59
Last Modified: 15 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item