Uji Efektivitas Fraksi Etanol 70% Dari Ekstrak Akar Manis (Glycrrhiza Glabra L.) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan

Wulandari Wulandari, Mega dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul dan Vivi Anggia, Vivi (2022) Uji Efektivitas Fraksi Etanol 70% Dari Ekstrak Akar Manis (Glycrrhiza Glabra L.) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190069_MEGA WULANDARI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190069_MEGA WULANDARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Akar manis (Glycyrrhiza glabra L.) merupakan suatu bahan alam yang digunakan masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian fraksi etanol 70% dari ekstrak etanol akar manis terhadap pertumbuhan rambut pada kelinci jantan. Uji efektivitas fraksi etanol 70% akar manis dalam merangsang pertumbuhan rambut mengacu pada metode Tanaka. Percobaan ini dilakukan terhadap 4 ekor hewan coba kelinci jantan galur New Zealand. Penelitian ini diawali dengan pencukuran rambut kelinci dan dibagi 6 petak dengan ukuran 2x2 cm. Petak I sebagai kontrol negatif yang tidak diolesi, petak II diolesi suspensi Na CMC 0,5% sebagai kontrol normal, petak III diolesi minoksidil 2% sebagai kontrol positif, petak IV, V dan VI diolesi fraksi etanol 70% akar manis 0,45%, 0,90% dan 1,79%. Pengamatan dilakukan pada hari ke 2,4,6,8,10,12, dan 14. Di mana pada hari ke 14 dilakukan pengujian terhadap panjang rambut dan bobot rambut yang diuji secara statistik menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasilnya menunjukkan konsentrasi 1,79% memiliki efektivitas pertumbuhan rambut yang sebanding dengan kelompok kontrol positif (minoxidil 2%) dalam meningkatkan panjang dan berat rambut.

Kata Kunci : Akar manis, kelinci jantan, pertumbuhan rambut

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:59
Last Modified: 15 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item View Item