Kajian Farmakognosi Dan Penetapan Kadar Flavonoid Total Herba Nanas Kerang (Tradescantia Spathacea Sw.)

Mutia Ulan Wina Syah, Faisal dan Vera, Ladeska dan Maharadingga, Maharadingga (2022) Kajian Farmakognosi Dan Penetapan Kadar Flavonoid Total Herba Nanas Kerang (Tradescantia Spathacea Sw.). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190058_SYAH WINA ULAN MUTIA FAISAL.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190058_SYAH WINA ULAN MUTIA FAISAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nanas kerang (Tradescantia spathacea Sw.) merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, umumnya dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki potensi yang besar sebagai obat, sehingga banyak digunakan sebagai obat tradisional. Simplisia yang digunakan sebagai obat tradisional harus diperhatikan kualitas mutu dari bahan baku (simplisia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu simplisia dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Pengujian kualitatif meliputi pengujian organoleptik, makroskopik, mikroskopik, skrining fitokimia, pola kromatogram, dan fluoresensi. Untuk pengujian kuantitatiif melputi penentuan kadar abu total, kadar abu tidak larut asam, kadar sari larut air, kadar sari larut etanol, kadar air, dan kadar flavonoid total. Hasil pemeriksaan organoleptik herba nanas kerang memiliki warna serbuk hijau kecoklatan dengan bau khas yang agak pahit dan tidak memiliki rasa, pengujian pada skrining fitokimia memberikan hasil positif adanya senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan terpenoid. Hasil pada uji kuantitatif didapatkan untuk kandungan kadar abu total 9,31%, kadar abu tidak larut asam 1,86%, kadar sari larut air 16,94%, kadar sari larut etanol 11,96%, kadar air 9,64%, dan kadar flavonoid total 1,2426%/1 gram ekstrak.

Kata Kunci : Nanas Kerang, Tradescantia spathacea, mutu simplisia, analisa kualitatif, analisa kuantitatif, penetapan kadar flavonoid total

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 10 Sep 2022 08:49
Last Modified: 10 Sep 2022 08:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item