Uji Antiinflamasi Salep Ekstrak Etanol 70% Daun Ubi Jalar (Ipomoea Batatas (L.) Lam.) Dengan Parameter Jumlah Leukosit Total Dan Monosit Pada Tikus Putih Jantan

Syifa’a Ratna, Feni dan Siska, Siska dan Rindita, Rindita (2022) Uji Antiinflamasi Salep Ekstrak Etanol 70% Daun Ubi Jalar (Ipomoea Batatas (L.) Lam.) Dengan Parameter Jumlah Leukosit Total Dan Monosit Pada Tikus Putih Jantan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190048_FENI RATNA SYIFA'A.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190048_FENI RATNA SYIFA'A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun ubi jalar memiliki kandungan flavonoid yang berkhasiat sebagai antiinflamasi, secara empiris digunakan sebagai obat luka bakar, penurun panas dan bisul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antiinflamasi salep ekstrak etanol 70% daun ubi jalar dengan parameter jumlah leukosit total dan monosit pada tikus putih jantan, menggunakan metode granuloma pouch yang diinduksi karagenan 20% dalam NaCl fisiologis secara subkutan. Subjek penelitian dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan. Pada kelompok kontrol negatif diberikan vaselin flavum dan adeps lanae, kelompok kontrol positif diberikan salep hidrokortison asetat 2,5%, kelompok uji diberikan salep ekstrak etanol dengan konsentrasi 15%, 30% dan 60%. Analisis data menggunakan uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan makna antar kelompok (p<0,05) dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salep ekstrak etanol 70% daun ubi jalar memiliki aktivitas antiinflamasi topikal. Konsentrasi terbaik adalah konsentrasi II (30%) dengan rata-rata jumlah leukosit 41940 μl dan jumlah monosit 15,60% yang sebanding dengan kontrol positif yaitu rata-rata jumlah leukosit 40060 μl dan jumlah monosit 20,60%.

Kata kunci: Daun Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L.) Lam), Antiinflamasi, granuloma pouch

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:11
Last Modified: 09 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item