Evaluasi Ketepatan Penggunaan Obat Pada Pasien Gagal Jantung Di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Periode 2017

Nisa, Khulosatun dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul dan Ridha Elvina, Ridha (2022) Evaluasi Ketepatan Penggunaan Obat Pada Pasien Gagal Jantung Di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Periode 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190032_KHULOSATUN NISA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190032_KHULOSATUN NISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gagal jantung merupakan masalah kesehatan yang progresif dengan angka mortalitas dan morbilitas yang tinggi di daerah maju dan negara berkembang seperti di Indonesia. Gagal jantung merupakan penyakit multipatologi yang memerlukan banyak obat sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya Drugs Related Problems (DRPs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan penggunaan obat berdasarkan ketepatan indikasi dan ketepatan dosis pada pasien rawat inap dengan penyakit gagal jantung di RS Islam Jakarta Cempaka Putih Periode 2017. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif dan pengambilan data dilakukan secara retrospektif. Sampel merupakan pasien rawat inap yang memenuhi kriteria inklusi dan data diperoleh dari rekam medis. Hasil pengamatan dan analisa yang dilakukan terhadap 88 sampel diperoleh ketepatan indikasi sebesar 95,46% dan ketepatan dosis sebesar 93,18%.

Kata kunci: Gagal jantung, Tepat indikasi, Tepat dosis, RSIJCP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:11
Last Modified: 09 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13812

Actions (login required)

View Item View Item