Uji Aktivitas Fraksi N-Heksan Buah Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Terhadap Peningkatan Memori Spasial Pada Tikus Model Demensia

Awwaliyah, Robi’atul dan Lusi Putri Dwita, Lusi dan Vivi Anggia, Vivi (2022) Uji Aktivitas Fraksi N-Heksan Buah Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Terhadap Peningkatan Memori Spasial Pada Tikus Model Demensia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190030_ROBIATUL AWWALIYAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190030_ROBIATUL AWWALIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Buah kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) mengandung antioksidan golongan karotenoid yang memiliki efek antioksidan. Kandungan antioksidan dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat stress oksidatif yang merupakan patogenesis penting dalam perkembangan demensia dengan meningkatkan memori spasial. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan aktivitas fraksi n-heksan buah kelapa sawit sebagai antidemensia yang diinduksi ECS (Elektroconvulsive shock) dengan menggunakan metode pengujian T maze. Pengujian ini menggunakan hewan uji 24 ekor tikus Sparague dawley yang terbagi menjadi 6 kelompok uji. Kelompok kontrol normal, kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif Gingko biloba 8,23 mg/200 g BB, dan fraksi n-heksan buah kelapa sawit dosis I (87 mg/200 g BB), dosis II (174 mg/200 g BB) dan dosis III (348 mg/200 g BB). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji one way anova dan dilanjutkan dengan uji Tukey untuk mengetahui peningkatan memori spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dosis fraksi n-heksan buah kelapa sawit mempunyai efek antidemensia dibandingkan kontrol normal. Kelompok dosis I dan II fraksi n-heksan buah kelapa sawit berbeda bermakna dengan kontrol positif. Hasil pada tiga pengujian menunjukkan fraksi n-heksan buah kelapa sawit dengan dosis 348 mg/200 g BB memiliki aktivitas antidemensia dan sebanding dengan Ginkgo biloba 8,23 mg/200 g BB (p = 0,917) .

Kata kunci : Buah kelapa sawit, Elaeis guineensis, fraksi n-heksan, antidemensia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:10
Last Modified: 09 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item View Item