Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Biji Buah Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lam.) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Tikus Diabetes Gestasional Yang Diinduksi Streptozotocin (Stz)

Septiani, Riri dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Kriana, Efendi (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Biji Buah Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lam.) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Tikus Diabetes Gestasional Yang Diinduksi Streptozotocin (Stz). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190027_RIRI SEPTIANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190027_RIRI SEPTIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Biji Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus L.) merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan kimia flavonoid yang diduga mampu menurunkan kadar gula darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan aktivitas biji buah nangka dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus diabetes gestasional yang diinduksi streptozotocin. Hewan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tikus putih betina bunting galur Sprague dawley yang dibagi menjadi enam kelompok yaitu kelompok kontrol normal, kontrol negatif, kontrol positif, kelompok uji dengan variasi dosis (100 mg/kgBB, 200 mg/kgBB, 400 mg/kgBB). Setelah tikus dinyakatan bunting, tikus diinduksi terlebih dahulu dengan streptozotocin agar tikus mengalami hiperglikemia. Pengukuran kadar glukosa darah dilakukan pada hari ke-14 setelah perlakuan. Data yang didapat diuji secara statistik dengan uji ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji tukey HSD. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua kelompok uji ekstrak etanol 70% biji buah nangka dapat menurunkan kadar glukosa darah. Penurunan kadar glukosa darah terbesar terjadi pada dosis 3 dengan dosis 400 mg/kgBB yaitu sebesar 61,73%, sebanding dengan kontrol positif.

Kata Kunci: Artocarpus heterophyllus, streptozotocin, diabetes gestasional

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:10
Last Modified: 09 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item