Pola Resistensi Acinetobacter Baumannii Dari Infeksi Neonatorum Di Rsud Koja Jakarta Terhadap Beberapa Antibiotik Pilihan Terapi Periode Tahun 2017

Adelina, Shofi dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Arieen, Arieen (2022) Pola Resistensi Acinetobacter Baumannii Dari Infeksi Neonatorum Di Rsud Koja Jakarta Terhadap Beberapa Antibiotik Pilihan Terapi Periode Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190026_SHOFI ADELINA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190026_SHOFI ADELINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi neonatorum adalah suatu gejala klinis dengan mikroorganisme positif pada bayi dengan satu bulan pertama kehidupan. Acinetobacter baumannii merupakan bakteri patogen penyebab infeksi neonatorum. Antibiotik adalah zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Bakteri yang tidak terhambat pertumbuhannya disebut resistensi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola resistensi Acinetobacter baumannii dari pasien infeksi nenatorum di RSUD Koja Jakarta terhadap beberapa antibiotik pada tahun 2017. Penelitian dilakukan menggunakan desain deskriptif dengan metode studi retrospektif terhadap data rekam medik pasien dan hasil uji sensitivitas dengan alat Vitek 2 Compact. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar Clinical and Laboratory Standards Institute (CLSI) tahun 2016. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pola resistensi A.baumannii dari infeksi neonatorum di RSUD Koja Jakarta periode tahun 2017 dibandingkan tahun 2015 yaitu terjadi penurunan persen resistensi terhadap amikasin (95% menjadi 76%), kenaikan persen resistensi terhadap seftazidim (80% menjadi 91%), dan kenaikan persen resistensi terhadap meropenem (70% menjadi 83%).

Kata kunci: Infeksi neonatorum, Acinetobacter baumannii, Antibiotik, Resistensi, Vitek 2 Compact.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:10
Last Modified: 09 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item View Item