Gambaran Resistensi Klebsiella Pneumoniae Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Bawah Terhadap Antibiotik Pilihan Terapi Di Rsud Koja Jakarta Periode Tahun 2017

Irawati, Pipit dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Arleea, Arleea (2022) Gambaran Resistensi Klebsiella Pneumoniae Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Bawah Terhadap Antibiotik Pilihan Terapi Di Rsud Koja Jakarta Periode Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190025_PIPIT IRAWATI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190025_PIPIT IRAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi saluran pernafasan bawah merupakan suatu penyakit yang menyerang bronkus, bronkiolus dan paru, dapat disebabkan oleh bakteri Gram negatif salah satunya yaitu Klebsiella pneumoniae. Antibiotik merupakan obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri dengan membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Bakteri menjadi resisten ketika tidak sepenuhnya dihambat oleh antibiotik, sehingga tidak dapat diberikan antibiotik yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resistensi Klebsiella pneumoniae penyebab infeksi saluran pernafasan bawah terhadap antibiotik pilihan terapi di RSUD Koja Jakarta periode tahun 2017 yang menggunakan desain deskriptif dengan metode retrospektif terhadap data Rekam Medik pasien rawat inap dan hasil uji sensitivitas Vitek 2 Compact. Data yang ditampilkan berupa nama pasien, jenis kelamin, usia pasien, nama antibiotik, dan hasil sensitivitas antibiotik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 118 kasus infeksi saluran pernapasan bawah akibat Klebsiella pneumoniae, masih sensitif terhadap amikasin, gentamisin, dan meropenem serta telah resisten terhadap amoksisilin, ampisilin, dan sefazolin.

Kata kunci: Infeksi saluran pernafasan bawah, Klebsiella pneumonia, Resistensi antibiotik, Vitek 2 Compact

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:10
Last Modified: 09 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item