Profil Sds-Page Enzim Pencernaan Dengan Konsentrasi Ammonium Sulfat 60% Dari Saluran Pencernaan Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei)

Setyanigsih, Rekno dan Hariyanti, Hariyanti dan Hanifah, Rahmi (2022) Profil Sds-Page Enzim Pencernaan Dengan Konsentrasi Ammonium Sulfat 60% Dari Saluran Pencernaan Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190013_REKNO SETYANINGSIH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190013_REKNO SETYANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Enzim pencernaan meliputi enzim amilase, lipase, serta protease dapat diisolasi dari udang vannamei, khususnya pada bagian saluran pencernaannya. Enzim ini banyak digunakan dalam bidang industri maupun bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan aktivitas enzim dan berat molekul enzim pencernaan dari saluran pencernaan udang vannamei dengan penambahan konsentrasi ammonium sulfat 60% menggunakan metode SDS-PAGE. Enzim pencernaan diperoleh dengan cara pemisahan menggunakan sentrifugasi, kemudian supernatan yang diperoleh dari konsentrasi 40% dilakukan presipitasi dengan ammonium sulfat konsentrasi 60%. Endapan enzim kasar di dialisis menggunakan membran selofan berukuran 12 kDa. Hasil dialisis selanjutnya dilakukan pengujian aktivitas enzim menggunakan spektrofotometer dan penentuan berat molekulnya menggunakan metode SDS-PAGE. Hasil uji aktivitas enzim dengan konsentrasi ammonium sulfat 60% di dapatkan bahwa enzim amilase mempunyai aktivitas sebesar 52,827 U/ml, enzim lipase sebesar 16,9246 U/ml, dan enzim protease sebesar 11,0934 U/ml. Hasil SDS-PAGE terbentuk 6 pita protein dengan berat molekul kisaran 22 kDa sampai 104 kDa.

Kata kunci: Enzim pencernaan, Udang vannamei, Ammonium sulfat, SDS-PAGE

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:10
Last Modified: 09 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13792

Actions (login required)

View Item View Item