Evaluasi Terapi Pada Pasien Asma Dengan Kuesioner Act (Asthma Control Test) Di Ruang Rawat Inap Rsau Dr. Esnawan Antariksa Jakarta Periode Februari - April 2018

Nurlaila, Lia dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul dan Zainul Islam, Zainul (2022) Evaluasi Terapi Pada Pasien Asma Dengan Kuesioner Act (Asthma Control Test) Di Ruang Rawat Inap Rsau Dr. Esnawan Antariksa Jakarta Periode Februari - April 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190010_LIA NURLAILA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190010_LIA NURLAILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Asma merupakan kondisi kronis yang terjadi pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan peradangan. Kondisi ini jika tidak diobati secara rasional akan menimbulkan kesakitan bahkan kematian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontrol terapi pada pasien asma dengan menggunakan kuesioner ACT (Asthma Control Test) di ruang rawat inap RSAU dr. Esnawan Antariksa Jakarta periode Februari-April 2018. Pengambilan data dilakukan secara total sampling melalui rekam medik secara prospektif. Hasil penelitian diketahui bahwa pasien asma persisten sedang dan asma persisten berat mendapatkan terapi obat golongan kortikosteroid yaitu dexametason, metilprednisolon, budesonid, dan flutikason. Berdasarkan pedoman untuk ketepatan pemilihan obat dan dosis, diberikan obat yang sesuai dengan penatalaksanaan untuk terapi obat pada pasien asma persisten sedang dan asma persisten berat diperoleh ketepatan pemilihan obat (59,52%) dan ketepatan pemilihan dosis (100%). Hasil ACT dengan sampel 42 pasien asma persisten sedang dan persisten berat rawat inap, diperoleh pasien asma terkontrol sebagian (35,71%) dantidak terkontrol (64,28%) dari presentase (100%).

Kata Kunci: Asma, kortikosteroid, ACT (Asthma Control Test), RSAU dr. Esnawan Antariksa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:10
Last Modified: 09 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item