Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Kulit Bawang Merah (Allium Cepa L.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Pada Hamster Hiperlipidemia

Rahmadani Putri, Vanny dan Priyanto, Priyanto dan Rini Prastiwi, Rini (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Kulit Bawang Merah (Allium Cepa L.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Pada Hamster Hiperlipidemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190003_VANNY PUTRI RAHMADANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190003_VANNY PUTRI RAHMADANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hiperlipidemia adalah naiknya kadar trigliserida atau kolesterol dan menurunnya kadar HDL. Kandungan kuersetin di dalam kulit bawang merah lebih banyak daripada umbi bawang merah. Flavonoid menghambat aktivitas dari beberapa enzim lipogenik, seperti diasil gliserol asil transferase (DGAT), yang akhirnya menurunkan kadar trigliserida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji aktivitas ekstrak kulit bawang merah terhadap penurunan kadar trigliserida pada hamster hiperlipidemia. Hewan uji dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing terdiri dari 4 ekor. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol negatif), kelompok III (kontrol positif) diberi fenofibrat dosis 12,36 mg/kgBB, kelompok IV (Dosis 1), kelompok V (Dosis 2), kelompok VI (Dosis 3) diberi ekstrak kulit bawang merah dengan dosis 360; 720; dan 1440 mg/kgBB. Parameter yang diamati adalah penurunan kadar trigliserida. Data persentase penurunan kadar trigliserida dianalisis menggunakan uji ANOVA one way dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua kelompok uji ekstrak kulit bawang merah dapat menurunkan kadar trigliserida karena berbeda bermakna dengan kontrol negatif. Penurunan kadar trigliserida terbesar terjadi pada dosis 3 dengan dosis 1440 mg/kgBB namun tidak sebanding dengan fenofibrat dosis 12,36 mg/kgBB.

Kata kunci : Allium cepa L., bawang merah, flavonoid, hiperlipidemia, kuersetin, trigliserida.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:09
Last Modified: 09 Oct 2022 07:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item