Aktivitas Nefroprotektor Fraksi Ekstrak Etanol 70% Herba Putri Malu (Mimosa Pudica L.) DenganParameter Histopatologi Pada Tikus Jantan Galur Sprague Dawley

Salsabila, Salwaa dan Lusi Putri Dwita, Lusi dan Rini Prastiwi, Rini (2022) Aktivitas Nefroprotektor Fraksi Ekstrak Etanol 70% Herba Putri Malu (Mimosa Pudica L.) DenganParameter Histopatologi Pada Tikus Jantan Galur Sprague Dawley. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-180348_SALWA SALSABILA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-180348_SALWA SALSABILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Herba putri malu (Mimosa pudica L.) mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Tujuan penelitian ini adalah melakukan uji aktivitas nefroprotektor fraksi ekstrak etanol 70% herba putri malu dengan parameter histopatologi pada tikus jantan Sprague Dawley yang diinduksi gentamisin. Fraksi uji yang akan digunakan adalah fraksi etil asetat, fraksi n-heksan dan fraksi air dengan dosis yang sama yaitu 56,74 mg/kgBB tikus. Pada penelitian ini kerusakan ginjal diinduksi menggunakan gentamisin dengan dosis 80 mg/kgBB tikus selama 7 hari setelah diberikan fraksi etil asetat, fraksi n-heksan dan fraksi air 2 jam sebelum induksi dan organ ginjal diambil pada hari ke 8. Parameter yang diamati yaitu adanya nekrosis tubulus, adanya casts pada tubulus dan kerusakan glomerulus. Kerusakan glomerulus diukur jarak antara glomerulus dan kapsula bowman, pada fraksi etil asetat 11,68 μm, fraksi n-heksan 12,82 μm, fraksi air 16,58 μm, dan untuk nekrosis tubulus fraksi etil asetat 30,52%, fraksi n-heksan 45,85%, dan fraksi air 54,53%. Berdasarkan pengamatan histopatologi organ ginjal menunjukkan bahwa fraksi etil asetat dari herba putri malu memiliki aktivitas nefroprotektor yang sebanding dengan kontrol positif yaitu kuersetin dengan dosis 50 mg/kgBB tikus yang menunjukkan aktivitas yang baik dalam mencegah nekrosis tubulus, sedikitnya casts yang muncul pada tubulus dan mengurangi kerusakan glomerulus.

Kata Kunci : Nefroprotektor, gentamisin, Mimosa pudica L. , histopatologi, kuersetin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:09
Last Modified: 09 Oct 2022 07:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item