Efektivitas Fraksi Etanol 70% Dari Ekstrak Daun Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata Prain.) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan

Ansyari, Khairunnisa dan Kriana, Efendi dan Vera Ladeska, Vera (2022) Efektivitas Fraksi Etanol 70% Dari Ekstrak Daun Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata Prain.) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-180008_KHAIRUNNISA ANSYARI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-180008_KHAIRUNNISA ANSYARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun lidah mertua (Sansevieria trifasciata Prain.) merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian fraksi etanol 70% dari ekstrak daun lidah mertua terhadap pertumbuhan rambut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Tanaka et al. Pada penelitian ini menggunakan 4 ekor kelinci jantan galur New Zealand. Tiap kelinci terdapat 6 petak dengan 6 perlakuan. Pelaksanaan diawali dengan pencukuran rambut kelinci dengan ukuran 2x2 cm. Petak I sebagai kontrol normal, petak II sebagai kontrol negatif yang diolesi Na CMC 0,5%, petak III sebagai kontrol positif yang diolesi minoxidil 2%, petak IV ,V dan VI diolesi fraksi etanol 70% daun lidah mertua (Sansevieria trifasciata Prain.) konsentrasi 1,55%, 3,10% dan 6,21%. Pengamatan pengukuran panjang rambut dilakukan pada hari ke 15,20,25 dan 30. Data panjang dan berat rambut yang didapat diuji secara statistik dengan uji ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil yang diperoleh kelompok konsentrasi 6,21% memiliki khasiat yang sebanding dengan kelompok kontrol positif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut kelinci.

Kata kunci : Sansevieria trifasciata Prain, pertumbuhan rambut, kelinci jantan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:08
Last Modified: 09 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item