Uji Efektivitas Fraksi Etil Asetat Dari Ekstrak Etanol Daun Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata Prain.) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan

Rahmawati, Meida dan Kriana, Efendi dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul (2022) Uji Efektivitas Fraksi Etil Asetat Dari Ekstrak Etanol Daun Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata Prain.) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-180004_ MEIDA RAHMAWATI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-180004_ MEIDA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun lidah mertua (Sansevieria trifasciata Prain.) merupakan suatu bahan alam yang digunakan masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian fraksi etil asetat dari ekstrak etanol daun lidah mertua terhadap pertumbuhan rambut pada kelinci jantan. Uji efektivitas fraksi etil asetat daun lidah mertua dalam merangsang pertumbuhan rambut mengacu pada metode Tanaka. Percobaan ini dilakukan terhadap hewan coba kelinci jantan galur New Zealand. Pada penelitian ini terdapat 6 perlakuan, tiap perlakuan terdiri dari 4 petak. Pelaksanaan ini diawali dengan pencukuran rambut kelinci dan dibagi 6 petak dengan ukuran 2x2 cm. Petak I sebagai kontrol normal yang tidak diolesi, petak II diolesi larutan Na CMC 0,5% sebagai kontrol negatif, petak III diolesi minoksidil 2% sebagai kontrol positif, petak IV, V dan VI diolesi fraksi etil asetat daun lidah mertua 0,76%, 1,53% dan 3,06%. Pengamatan dilakukan pada hari ke 15, 20, 25 dan 30. Dimana pada hari ke 30 dilakukan pengujian terhadap panjang rambut dan bobot rambut yang diuji secara statistik menggunakan ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasilnya adalah kelompok konsentrasi 3,06% memiliki khasiat yang setara dengan kelompok kontrol positif (P = 0,106, CI = -0,07 – 0,00), dimana pada konsentrasi 3,06% bobot rambut yang diperoleh lebih besar dari kelompok perlakuan yang lain.

Kata Kunci : Daun lidah mertua, kelinci jantan, pertumbuhan rambut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:04
Last Modified: 09 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13589

Actions (login required)

View Item View Item