Aktivitas Antioksidan Terkait Dengan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Pandan Wangi ( Pandanus Amarylifolius Roxb.) Yang Tumbuh Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah

Lestari Mutiara, Putri dan Sri Harsodjo, Sri dan Almawati Situmorang, Almawati (2022) Aktivitas Antioksidan Terkait Dengan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Pandan Wangi ( Pandanus Amarylifolius Roxb.) Yang Tumbuh Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170313_PUTRI MUTIARA LESTARI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170313_PUTRI MUTIARA LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun pandan wangi (Pandanus amarylifolius Roxb.) mengandung senyawa seperti flavonoid, tanin, alkaloid dan diduga mempunyai aktivitas antioksidan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan kadar flavonoid total ekstrak etanol 70% daun pandan wangi (Pandanus amarylifolius Roxb.) yang tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah dengan metode DPPH. Ekstrak daun pandan wangi didapatkan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Uji aktivitas antioksidan ekstrak daun pandan wangi di dataran tinggi dan dataran rendah dilakukan pada konsentrasi 2,5 ppm, 5 ppm, 10 ppm, 20 ppm dan 40 ppm. Hasil penelitian menunjukkan nilai EC50 esktrak etanol 70% daun pandan wangi di dataran tinggi lebih tinggi senilai 8,55 ppm dengan kadar flavonoid total 7,49% sedangkan esktrak etanol 70% daun pandan wangi di dataran rendah nilai EC50 senilai 14,37 ppm dengan kadar flavonoid total 2,62%. Dapat disimpulkan semakin tinggi tempat tumbuh tanaman akan semakin besar kadar flavonoidnya dan dari hasil aktivitas antioksidan dan kadar flavonoid total diketahui bahwa terdapat hubungan antara keduanya, semakin tinggi kadar flavonoid semakin besar aktivitas antioksidannya.

Kata Kunci : daun pandan wangi, antioksidan, DPPH, flavonoid total

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:01
Last Modified: 09 Oct 2022 07:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item View Item