Aktivitas Antioksidan Terkait Dengan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Alpukat ( Persea Americana Mill ) Yang Tumbuh Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah

Rahayuningtyas, Wulan dan Sri Harsodjo, Sri dan Almawati Situmorang, Almawati (2022) Aktivitas Antioksidan Terkait Dengan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Alpukat ( Persea Americana Mill ) Yang Tumbuh Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170312_WULAN RAHAYUNINGTYAS.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170312_WULAN RAHAYUNINGTYAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Antioksidan adalah senyawa kimia yang dapat mengatasi atau menetralisir radikal bebas. Daun alpukat ( Persea americana Mill ) mengandung senyawa seperti flavonoid, tanin, alkaloid dan saponin diduga mempunyai aktivitas antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan kadar flavonoid total ekstrak etanol 70% daun alpukat ( Persea americana Mill ) yang tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah dengan metode DPPH. Ekstrak daun alpukat didapatkan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Uji aktivitas antioksidan ekstrak daun alpukat dataran tinggi dan dataran rendah dilakukan pada konsentrasi 3 μg/ml, 9 μg/ml, 15 μg/ml, 21 μg/ml dan 27 μg/ml. Hasil pengujian dilakukan dengan mencari nilai EC50 dari masing-masing ekstrak, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan T Test. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun alpukat di dataran tinggi mempunyai kadar flavonoid senilai 12,7% dengan EC50 12,35 μg/ml dan ekstrak daun alpukat di dataran rendah mempunyai kadar flavonoid senilai 7,8% dengan EC50 19,26 μg/ml. Dapat disimpulkan semakin tinggi tempat tumbuh tanaman akan mempengaruhi kadar flavonoid yang berpengaruh pada besarnya aktivitas antioksidan dan dari hasil aktivitas antioksidan dan kadar flavonoid total diketahui bahwa terdapat hubungan antara keduanya, semakin tinggi kadar flavonoid semakin besar aktivitas antioksidannya.

Kata Kunci: Daun Alpukat (Persea americana Mill.), flavonoid total, DPPH, antioksidan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:00
Last Modified: 09 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13543

Actions (login required)

View Item View Item