Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Rambut Jagung (Zea Mays L.) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Hamster Hiperkolesterolemia Dan Hiperglikemia

Adelia Diana, Putri dan Priyanto, Priyanto dan Kriana, Efendi (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Rambut Jagung (Zea Mays L.) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Hamster Hiperkolesterolemia Dan Hiperglikemia. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170297_ADELIA DIANA PUTRI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170297_ADELIA DIANA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rambut jagung (Zea mays L.) merupakan bagian tanaman jagung yang secara empiris diduga mampu menurunkan kadar glukosa darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol rambut jagung terhadap penurunan kadar glukosa darah hamster hiperkolesterolemia dan hiperglikemia. Hewan uji hamster syirian jantan dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, masing-masing terdiri dari 4 ekor hamster. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol negatif), kelompok III sebagai kontrol positif (glibenklamid 1,06 mg/kgBB), kelompok IV, V, dan VI (kelompok perlakuan) diberi ekstrak etanol 70% rambut jagung dosis 75 mg/kgBB, 150 mg/kgBB dan 300 mg/kgBB. Seluruh kelompok diinduksi aloksan monohidrat dan pakan tinggi kolesterol kecuali kontrol normal. Data dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kelompok dosis dapat menurunkan kadar glukosa darah, dan dosis 300 mg/kgBB dengan presentase penurunan kadar glukosa sebesar 40,54% memberikan efek yang sebanding dengan glibenklamid.

Kata kunci: Zea mays, rambut jagung, glukosa darah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:00
Last Modified: 09 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item View Item