Uji Efektivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Bakung Putih (Crinum Asiatikum L.) Terhadap Penyembuhan Luka Terbuka Pada Tikus Putih Jantan

Rosmalita, Meri dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Vera Ladeska, Vera (2022) Uji Efektivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Bakung Putih (Crinum Asiatikum L.) Terhadap Penyembuhan Luka Terbuka Pada Tikus Putih Jantan. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170272_MERI ROSMALITA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170272_MERI ROSMALITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman daun bakung putih dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan oleh masyarakat Indonesia, yaitu sebagai obat penyembuh luka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek ekstrak etanol 70% daun bakung (Crinum asiaticum L.) sebagai penyembuh luka terbuka pada tikus putih jantan. Hewan uji yang digunakan adalah tikus putih jantan sebanyak 25 ekor yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan. Kelompok I (kontrol negatif) dilukai tanpa pemberian ekstrak dan madu 100%, kelompok II (kontrol madu) dilukai dan diberi madu 100%, kelompok III, IV, V dilukai dan diberi ekstrak etanol 70% daun bakung putih konsentrasi 15%, 30% dan 60%. Punggung tikus dilukai dengan berdiameter ± 2 cm. Pemberian ekstrak dilakukan selama 21 hari. Pengamatan dilakukan terhadap diameter luka terbuka. Data yang didapat diuji secara statistik dengan uji ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasilnya adalah kelompok konsentrasi 15% memiliki efektivitas yang sebanding dengan kelompok kontrol madu dalam penyembuhan luka terbuka .

Kata kunci : Ekstrak Etanol 70%, Daun Bakung Putih (Crinum asiaticum L.), Luka Terbuka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:57
Last Modified: 09 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item