Uji Aktivitas Inhibitor Xantin Oksidase Dari Ekstrak Polisakarida Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus (Jacq.)P.Kumm) Secara In Vitro

Maharani, Nursyifa dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Dwitiyanti, Dwitiyanti (2022) Uji Aktivitas Inhibitor Xantin Oksidase Dari Ekstrak Polisakarida Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus (Jacq.)P.Kumm) Secara In Vitro. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170270_NURSYIFA MAHARANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170270_NURSYIFA MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus (Jacq.)P.Kumm) merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai obat. Jamur tiram putih mengandung berbagai senyawa berkhasiat, salah satunya yaitu polisakarida yang memiliki aktivitas antioksidan dan inhibitor xantin oksidase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas inhibitor xantin oksidase pada pembentukan asam urat secara in vitro dari ekstrak polisakarida jamur tiram putih. Jamur tiram putih diekstraksi menggunakan air pada suhu 100o C selama 3 jam dan diperoleh rendemen ekstrak polisakarida jamur tiram putih sebesar 6,2543%. Metode congo-red digunakan untuk identifikasi polisakarida. Dalam penelitian ini dipakai 5 variasi konsentrasi ekstrak polisakarida jamur tiram putih yaitu 1, 10, 100, 1000, dan 10000 μg/ml. Pembacaan absorbansi aktivitas xantin oksidase menggunakan microplate reader pada panjang gelombang 570 nm. Nilai absorbansi yang didapat menunjukkan banyaknya hidrogen peroksida yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konsentrasi 10000 μg/ml ekstrak polisakarida jamur tiram putih memiliki persentase penghambatan xantin oksidase sebesar 24,2448%.

Kata Kunci: Jamur Tiram Putih, Polisakarida, Xantin Oksidase, Asam Urat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:57
Last Modified: 09 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item View Item