Penghambatan Aktivitas Xantin Oksidase Oleh Ekstrak Etanol 70% Jamur Lingzhi (Ganoderma Lucidum (Curtis) P. Karst) Secara In Vitro

Ningsih Prima, Ardila dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Hanifah, Rahmi (2022) Penghambatan Aktivitas Xantin Oksidase Oleh Ekstrak Etanol 70% Jamur Lingzhi (Ganoderma Lucidum (Curtis) P. Karst) Secara In Vitro. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170267 _ARDILA PRIMA NINGSIH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170267 _ARDILA PRIMA NINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lingzhi merupakan jamur oriental yang banyak digunakan sebagai obat medis di Cina dan negara Asia lainnya. Meningkatnya aktifitas xantin oksidase terkontribusi dalam meningkatkan kandungan asam urat, hal tersebut dapat menyebabkan hiperurisemia dan gout. Produksi asam urat yang berlebih dapat berkurang dengan inhibitor xantin oksidase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas penghambatan xantin oksidase oleh ekstrak etanol 70% jamur lingzhi secara in vitro. Pengujian penghambatan dilakukan menggunakan alat microplate reader pada panjang gelombang 290 nm. Pengujian dilakukan dengan membagi 6 kelompok yaitu kontrol normal, blanko kontrol normal, kontrol positif (allopurinol), blanko kontrol positif, sampel uji (ekstrak jamur lingzhi) dan blanko sampel uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol 70 % jamur lingzhi memiliki aktivitas penghambatan xantin oksidase pada konsentrasi 1, 10, dan 100 ppm, tetapi nilai IC50 jamur lingzhi belum dapat ditentukan karena pada konsentrasi 1000 ppm terjadi penurunan aktivitas penghambatan, sehingga perlu penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci : Lingzhi, Xantin Oksidase, Asam Urat, Hiperurisemia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:57
Last Modified: 09 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13474

Actions (login required)

View Item View Item