Uji Aktivitas Penghambatan Xantin Oksidase Ekstrak Etanol 70% Daun Cereme (Phyllanthus Acidus L.) Skeels Secara In Vitro

Haerani, Hanan dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Hanifah, Rahmi (2022) Uji Aktivitas Penghambatan Xantin Oksidase Ekstrak Etanol 70% Daun Cereme (Phyllanthus Acidus L.) Skeels Secara In Vitro. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170266_HANAN HAERANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170266_HANAN HAERANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman cereme (Phyllanthus acidus L.) termasuk ke dalam famili Phyllanthaceae yang sudah banyak digunakan sebagai alternatif dalam pengobatan tradisional. Daun cereme mengandung senyawa flavonoid yang berperan penting dalam berbagai aktivitas biologis dan penghambat enzim, salah satunya adalah enzim xantin oksidase. Penghambatan terhadap enzim xantin oksidase berguna dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas penghambatan xantin oksidase ekstrak etanol 70% daun cereme secara in vitro. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan konsentrasi kontrol positif (allopurinol) dan sampel uji (ekstrak). Aktivitas penghambatan terhadap xantin oksidase dilakukan dengan mengukur absorbansi asam urat yang terbentuk dari reaksi enzim dengan substratnya (xantin) menggunakan microplate reader pada panjang gelombang 290 nm. Nilai absorbansi yang diperoleh digunakan untuk menghitung persentase inhibisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol 70% daun cereme memiliki aktivitas inhibisi terhadap xantin oksidase pada konsentrasi 1, 10, dan 100 ppm, tetapi nilai IC50 belum dapat ditentukan dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci: Daun Cereme, Flavonoid, Xantin Oksidase, Inhibisi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:57
Last Modified: 09 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item