WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI AIKA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN/KE’AISYIYAHAN) DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU TKABA DI CAKUNG JAKARTA TIMUR

Afni Rasyid, Afni WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI AIKA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN/KE’AISYIYAHAN) DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU TKABA DI CAKUNG JAKARTA TIMUR. Jurnal Solma. (Submitted)

[thumbnail of Artikel WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI AIKA.doc] Text
Artikel WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI AIKA.doc

Download (867kB)

Abstract

AIKA merupakan Ciri khas dan karakter pada setiap sekolah Muhammadiyah/ ’Aisyiyah. Informasi dari pengelola TK ABA yang menjadi mitra bahwa permasalahan saat ini yang sedang dihadapi oleh mitra adalah Guru kurang menguasai materi AIKA dan kendala pengajaran AIKA kepada siswa yang beragam latar belakang, apalgi saat pembelajaran daring.
Oleh sebab itu perlu diberikan penguatan kepada guru TK ABA tentang AIKA melalui “Workshop Implementasi Kurikulum Terintegrasi AIKA dalam Pembelajaran Daring Untuk Guru TK ABA di Cakung Jakarta Timur” dengan tujuan peningkatan pemahaman dan penguasaan AIKA dan pembelajaran di PAUD bagi peserta.
Workshop ini dilaksanakan bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Cakung Timur, tempatnya di TK ABA 102, dan diikuti oleh 36 guru sebagai peserta yang berasal dari 15 TK ABA se Cabang Cakung dan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah bercerita, tanya jawab, praktik, penugasan dan penerapan prinsip belajar sambil bermain.
Peserta mengikuti dengan semangat dan antusias dari awal sampai akhir. Peserta baru tahu pendiri ‘Aisyiyah, dan baru melihat foto pendiri TK ABA. Mereka semakin percaya diri karena mendapatkan pencerahan tentan AIKA dan berjanji akan menerapkan langsung ilmu yang didapat kepada peserta didiknya.
Workshop ini berjalan lancar dan sukses karena pesera melebihi target, mereka aktif dan hadir dari awal sampai akhir.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Afni Rasyid
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:43
Last Modified: 01 Mar 2022 04:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item