Evaluasi Biaya Dan Pfofil Pengobatan Penyakit Hipertensi Pada Pasien Rawat Jalan Bpjs Berdasarkan Ina-Cbgs Dan Formularium Nasional Di R.S Haji Jakarta Periode Januari-Desember 2015

Masita, Nina dan Numlil Khaira Rusdi, Numlil dan Nora Wulandari, Nora (2022) Evaluasi Biaya Dan Pfofil Pengobatan Penyakit Hipertensi Pada Pasien Rawat Jalan Bpjs Berdasarkan Ina-Cbgs Dan Formularium Nasional Di R.S Haji Jakarta Periode Januari-Desember 2015. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170255_NINA MASITHA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170255_NINA MASITHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi suatu keadaan dimana tekanan darah meningkat yaitu memiliki tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg, pada pemeriksaan yang berulang. Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan data persentase penggunaan obat hipertensi dengan obat non hipertensi, persentase penggunaan obat generik dengan obat nama dagang dan untuk mengevaluasi selisih biaya antara tarif Rumah Sakit dengan tarif Ina-CBGs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif. Populasi penelitian adalah pasien rawat jalan BPJS yang didiagnosa hipertensi di Rumah Sakit Haji Jakarta yang berjumlah 800 pasien. Sample penelitian sebanyak 260 pasien hipertensi dengan teknik simple random sampling. Pada hasil penelitian di RS Haji Jakarta didapatkan bahwa proporsi penggunaan obat generik berada pada rentang 50%-74% dan penggunaan obat dengan nama dagang yang berada pada rentang 26%-50%. Hasil evaluasi yang di dapat persentase kesesuaian tarif Ina-CBGs dengan tarif RS Haji Jakarta pada bulan Desember 2015 kesesuaiannya mencapai 74% dan Pada bulan Maret kesesuaian tarif Ina-CBGs terrendah yaitu sebesar 13%. Karena masih mengalami ketidaksesuaian tarif RS dengan tarif Ina-CBGs maka Rumah Sakit Haji Jakarta masih mengalami selisih biaya sebesar Rp.15.568.021.

Kata Kunci : Evaluasi Biaya, Profil Pengobatan, BPJS, Hipertensi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:55
Last Modified: 09 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item