Interaksi Obat Hidroklortiazid Dan Ekstrak Etanol 50% Herba Seledri (Apium Graveolens L.) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistol Pada Tikus Putih Hipertensi

Wahyuni, Sri dan Siska, Siska dan Priyanto, Priyanto (2022) Interaksi Obat Hidroklortiazid Dan Ekstrak Etanol 50% Herba Seledri (Apium Graveolens L.) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistol Pada Tikus Putih Hipertensi. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170247_SRI WAHYUNI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170247_SRI WAHYUNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seledri (Apium graveolens L.) merupakan salah satu dari jenis terapi herbal untuk menangani penyakit hipertensi dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan obat kombinasi yang diberikan secara bersamaan memungkinkan terjadinya interaksi. Tujuan dilakukankannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efek interaksi obat hidroklortiazid dan ekstrak etanol 50% herba seledri (Apium graveolens L.) dalam menurunkan tekanan darah sistol pada tikus putih hipertensi. Pada penelitian ini menggunakan 5 kelompok hewan uji tikus putih jantan. Kelompok normal, kelompok negatif (NaCl 4%), kelompok hidroklortiazid (dosis 0,52 mg/200 g BB), kelompok ekstrak herba seledri (dosis 1,89 mg/200 g BB), kelompok kombinasi (hidroklortizid dan ekstrak herba seledri). Masing-masing kelompok dilakukan pengukuran pada hari ke 0, 15, dan 29. Hasil penelitian dianalisa dengan uji statistik ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian hidroklortiazid dapat menurunkan tekanan darah sistol sebesar 21,69% ekstrak seledri sebesar 15,85% dan pemberian kombinasi hidroklortiazid dan ekstrak herba seledri sebesar 27,50%. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa hidroklortiazid yang diberikan bersamaan dengan ekstrak herba seledri memberikan efek aditif.

Kata kunci : Hidroklortiazid, Hipertensi, Seledri (Apium graveolens L.)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:55
Last Modified: 09 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item View Item