Progam Studi Farmasi Fakultas Farmasi Dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2017

Wahyuni Tri, Puput dan Priyanto, Priyanto dan Tuti Wiyati, Tuti (2022) Progam Studi Farmasi Fakultas Farmasi Dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2017. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170427_PUPUT TRI WAHYUNI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170427_PUPUT TRI WAHYUNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Asma adalah penyakit inflamasi kronis pada saluran napas dengan gejala
pernapasan seperti mengi, sesak napas, sesak dada, dan batuk. Berdasarkan data
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 prevalensi penyakit asma di
Indonesia mencapai 4,5%. Kortikosteroid merupakan pengobatan jangka panjang
yang paling efektif untuk mengontrol asma. Namun penggunaan kortikosteroid
yang tidak rasional dapat menimbulkan sejumlah efek samping. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan kortikosteroid pada pasien
asma dewasa di instalasi rawat jalan RSPAD Gatot Subroto Jakarta periode 2016
yang ditinjau dari kriteria tepat pasien, tepat obat, dan tepat dosis berdasarkan
Pharmacotherapy Handbook 9th 2015, AHFS 2011, dan buku PDPI 2004.
Penelitian ini didesain secara deskriptif dan pengambilan datanya dilakukan
secara retrospektif. Jenis sampel berupa sampel pertimbangan (purposive
sampling) yang berjumlah 81 pasien. Hasil evaluasi dari penelitian pada 81 pasien
asma dewasa, diperoleh ketepatan pasien sebesar 81 pasien (100%), ketepatan
pemilihan kortikosteroid sebesar 72 pasien (88,89%), dan ketepatan pemberian
dosis kortikosteroid sebesar 81 pasien (100%).

Kata Kunci: asma, kortikosteroid, evaluasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:54
Last Modified: 09 Oct 2022 06:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item View Item