Evaluasi Penggunaan Obat Kortikosteroid Pada Pasien Anak Di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Graha Juanda Bekasi Periode Januari-Maret 2017

Nurhasanah, Risti dan Priyanto, Priyanto dan Zainul Islam, ZI (2022) Evaluasi Penggunaan Obat Kortikosteroid Pada Pasien Anak Di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Graha Juanda Bekasi Periode Januari-Maret 2017. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170422_RISTI NURHASANAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170422_RISTI NURHASANAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kortikosteroid adalah derivat hormon steroid yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Kortikosteroid merupakan obat yang banyak dipakai di dunia kedokteran, namun sering terjadi penggunaan yang salah. Kortikosteroid memiliki efek samping dan kontraindikasi pada beberapa pasien. Pada anak-anak, penggunaan kortikosteroid dapat menghambat pertumbuhan dan dapat mempengaruhi perkembangan pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai ketepatan penggunaan kortikosteroid ditinjau dari segi tepat indikasi, tepat obat, dan tepat dosis. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif dengan teknik purposive sampling terhadap rekam medis dan resep pasien anak di ruang rawat jalan RS Graha Juanda Bekasi periode Januari-Maret 2017 yang memenuhi kriteria. Penilaian ketepatan dinilai dengan pedoman yang disusun oleh peneliti dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien anak yang mendapat kortikosteroid memenuhi kategori tepat indikasi sebanyak 98,92%, tepat obat sebanyak 97,72% dan tepat dosis sebanyak 68,00%.

Kata kunci: Kortikosteroid, Anak, Tepat Indikasi, Tepat Obat, Tepat Dosis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:49
Last Modified: 09 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item