Isolasi Kapang Endofit Dari Herba Meniran (Phyllanthus Niruri L.) Dan Potensinya Sebagai Penghasil Metabolit Inhibitor Α-Glukosidase

Rokayah, Siti dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Ani Pahriyani, Ani (2022) Isolasi Kapang Endofit Dari Herba Meniran (Phyllanthus Niruri L.) Dan Potensinya Sebagai Penghasil Metabolit Inhibitor Α-Glukosidase. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170415_SITI ROKAYAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170415_SITI ROKAYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Herba meniran (Phyllanthus niruri L.) secara tradisional digunakan sebagai obat antidiabetes. Di dalam tanaman terdapat kapang endofit yang berhubungan secara simbiosis mutualisme. Kapang endofit dapat menghasilkan metabolit sekunder yang mirip dengan tanaman inangnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh isolat kapang endofit dari herba meniran (Phyllanthus niruri L.) dan mengetahui potensinya sebagai penghasil metabolit inhibitor α-glukosidase. Isolasi kapang endofit herba meniran dilakukan dengan metode tanam langsung menggunakan medium Potato Dextrose Agar (PDA) dan produksi metabolit sekundernya menggunakan medium Potato Dextrose Broth dan Yeast Extract. Pengujian aktivitas inhibitor α-glukosidase dilakukan pada ekstrak etil asetat dan butanol metabolit kapang endofit dalam microplate 96 sumuran. Hasil reaksi enzimatis berupa p-nitrofenol diukur dengan microplate reader pada panjang gelombang 415 nm. Hasil isolasi diperoleh 6 isolat kapang endofit dari bagian akar, batang, dan daun herba meniran. Ekstrak butanol metabolit kapang endofit ATL 1 memiliki nilai persen inhibisi tertinggi yaitu 21,315%.

Kata Kunci: Kapang endofit, herba meniran, α-glukosidase, microplate reader

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:49
Last Modified: 09 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13280

Actions (login required)

View Item View Item