Uji Aktivitas Antihiperkolesterol Fraksi Etanol 70% Dari Ekstrak Daun Srikaya (Annona Squamosa Linn.) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperlipidemia

Sulengkar, Panji dan Priyanto, Priyanto dan Wardani, Wardani (2022) Uji Aktivitas Antihiperkolesterol Fraksi Etanol 70% Dari Ekstrak Daun Srikaya (Annona Squamosa Linn.) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperlipidemia. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170407_PANJI SULENGKAR.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170407_PANJI SULENGKAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun srikaya diketahui mengandung metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin dan saponin. Secara umum flavonoid adalah salah satu metabolit yang diyakini memiliki efek menurunkan kadar lemak di dalam darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fraksi etanol 70% daun srikaya terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperlipidemia. Hewan uji hamster syrian jantan dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, masing-masing terdiri dari 4 ekor hamster. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol positif) diberi atorvastatin 2,47 mg/kg BB, kelompok III (kontrol negatif), kelompok IV,V, VI (kelompok uji) diberi fraksi etanol daun srikaya dengan dosis 115,88 mg/kg BB; 231,75 mg/kg BB; 463,5 mg/kg BB. Data penurunan kadar menunjukkan kelompok IV, V, VI memiliki efek menurunkan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster. Data penurunan kadar dianalisis menggunakan ANOVA satu arah (p<0,05) menunjukkan adanya pengaruh perlakuan. Uji tukey kolesterol total dan LDL darah menunjukkan kelompok VI dosis 463,5 mg/kg BB memberikan efek sebanding dengan kontrol positif dengan persentase penurunan kadar kolesterol total sebesar 68,64% dan LDL darah sebesar 73,89%.

Kata kunci: daun srikaya, kolesterol total, LDL darah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:49
Last Modified: 09 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item