Sintesis Dan Karakterisasi Hidrogel Superabsorben Biodegradable Poli(Natrium Akrilat)-G-Poli(Vinil)Pirolidon Dengan Teknik Iradiasi Gamma

Fajriani Maria, Fitri dan Hariyanti, Hariyanti dan Erizal, Erizal (2022) Sintesis Dan Karakterisasi Hidrogel Superabsorben Biodegradable Poli(Natrium Akrilat)-G-Poli(Vinil)Pirolidon Dengan Teknik Iradiasi Gamma. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170404_FITRI MARIANI FAJRIANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170404_FITRI MARIANI FAJRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka pengembangan Hidrogel Superabsorben biodegradable yang dapat digunakan khususnya dibidang kesehatan, telah dilakukan sintesis. Hidrogel Superabsorben poli natrium akrilat-polivinilpirolidon menggunakan teknik iradiasi gamma. Satu seri larutan asam akrilat (15%, v/v) dinetralkan dengan NaOH 50%, masing-masing ditambahkan polivinilpirolidon dengan perbandingan asam akrilat dan polivinilpirolidon 15:0,5 ; 15:1 ; 15:1,5 ; 15:2 (% berat) diiradiasi pada dosis tunggal radiasi 10 kGy. Pengaruh konsentrasi polivinilpirolidon terhadap rasio swelling dan fraksi gel hidrogel. Karakterisasi hidrogel superabsorben diukur menggunakan spektrofotometer fourier transform infrared (FT-IR) dan scanning electron microscope (SEM). Pada kondisi optimum (50% netralisasi, 0,5 g polivinilpirolidon) hidrogel menunjukan swelling yang tinggi (24 jam) dengan kemampuan menyerap air ~916 g/g dan nilai fraksi gel sebesar 98,22%. Hasil analisis gugus fungsi menggunakan FT-IR mengkonfirmasi kemungkinan perubahan gugus fungsi dan ikatan rangkap dari struktur hidrogel yang diperoleh dari hasil radiasi. Hasil pengukuran SEM mengkonfirmasi bahwa hidrogel superabsorben ini berpori dengan ukuran diameter pori dalam rentang rentang 43,8-177,3 μm.

Kata Kunci : Hidrogel superabsorben, asam akrilat, polivinilpirolidon, iradiasi, ikatan silang, swelling, spektrofotometer fourier transform infrared (FT-IR) dan scanning electron microscope (SEM).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:49
Last Modified: 09 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13268

Actions (login required)

View Item View Item