Pengaruh Delignifikasi Limbah Serbuk Kayu Pohon Mahoni (Swietenia Macrophylla King.) Menggunakan Naocl 0,50% Dengan Variasi Durasi Perendaman

Albayas, Hasbi dan Yusnidar, Yusuf dan Hariyanti, Hariyanti (2022) Pengaruh Delignifikasi Limbah Serbuk Kayu Pohon Mahoni (Swietenia Macrophylla King.) Menggunakan Naocl 0,50% Dengan Variasi Durasi Perendaman. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170393_HASBI ALBAYAS.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170393_HASBI ALBAYAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selulosa merupakan salah satu sumber sintesa etanol yang terdapat pada berbagai tumbuhan, diantaranya adalah pohon mahoni. Dalam sintesis etanol dari tumbuhan, diperlukan proses delignifikasi untuk mendegradasi lignin yang mengikat selulosa pada kayu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi optimal delignifikasi kayu mahoni. Penilitian ini diawali dengan menghaluskan kayu, lalu diayak menggunakan ayakan mesh no. 60 untuk keseragaman ukuran dan memperbesar luas permukaan. Dilanjutkan dengan perendaman serbuk menggunakan NaOCl 0,50% sebagai delignifikator dalam waktu 27, 28, 29, 30, 31 dan 32 jam. Setelah itu dilakukan ekstraksi zat ekstraktif kayu mahoni menggunakan benzena dan etanol dengan metode sokhletasi. Dilanjutkan dengan pengujian kadar lignin dengan metode Klason melalui prinsip hidrolisis selulosa menggunakan H2SO4 pada serbuk kayu agar didapat sisa endapan lignin. Hasil penelitian menunjukkan waktu paling optimal proses delignifikasi adalah 30 jam perendaman yaitu penurunan kadar lignin sebesar 10,05% dengan kenaikan degradasi tertinggi sebanyak 0,20%.

Kata Kunci: pohon mahoni, delignifikasi, NaOCl, lignin

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item View Item