Uji Efek Ekstrak Etanol 70% Daun Pecut Kuda (Stachytarpheta Cayennensis (L.C Rich) Vahl) Terhadap Luka Terbuka Pada Tikus Putih Yang Diberi Glukosa 50% Secara Peroral

Harianty, Junita dan Siska, Siska dan Kriana, Efendi (2022) Uji Efek Ekstrak Etanol 70% Daun Pecut Kuda (Stachytarpheta Cayennensis (L.C Rich) Vahl) Terhadap Luka Terbuka Pada Tikus Putih Yang Diberi Glukosa 50% Secara Peroral. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170384_JUNITA HARIANTY.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170384_JUNITA HARIANTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun pecut kuda merupakan herba yang mengandung terpenoid, alkaloid, tannin dan saponin. Penggunaan daun pecut kuda sebagai obat luka terbuka dalam kondisi hiperglikemia belum diketahui khasiatnya, sehingga perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa daun pecut kuda dapat mempercepat penyembuhan luka terbuka dalam kondisi hiperglikemia. Konsentrasi daun pecut kuda yang digunakan adalah 1,25%, 2,5%, dan 5%. Kontrol positif penelitian ini menggunakan Betadine®, sedangkan kontrol negatif tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pecut kuda dengan kadar 5% memiliki persentase penyembuhan terbesar yaitu 99,98% sedangkan kontrol positif memiliki persentase penyembuhan 99,16%. Hasil histopatologi menunjukkan terbentuknya jaringan epidermis yang baru, terbentuknya kelenjar minyak dan tumbuh rambut.

Kata Kunci: daun pecut kuda, obat luka terbuka, hiperglikemia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13251

Actions (login required)

View Item View Item