Uji Efek Diuretik Ekstrak Etanol 70% Daun Sambung Nyawa (Gynura Procumbens (Lour.) Merr). Berdasarkan Parameter Volume Urin Pada Tikus Putih Jantan

Nopitasari, Nopitasari dan Priyanto, Priyanto dan Ani Pahriyani, Ani (2022) Uji Efek Diuretik Ekstrak Etanol 70% Daun Sambung Nyawa (Gynura Procumbens (Lour.) Merr). Berdasarkan Parameter Volume Urin Pada Tikus Putih Jantan. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170381_NOPITASARI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170381_NOPITASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sambung nyawa (Gynura procumbens (Lour.) Merr) merupakan tanaman yang berasal dari suku compositae yang secara tradisional digunakan untuk membantu melancarkan pengeluaran air seni atau disebut diuretik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek diuretik ekstrak etanol 70% daun sambung nyawa dengan parameter peningkatan volume urin. Penelitian ini menggunakan metode Lipschitz dengan modifikasi. Penelitian ini menggunakan 25 ekor tikus putih jantan galur wistar yang terbagi menjadi 5 kelompok uji. Kelompok kontrol positif menggunakan furosemid dosis 4,1 mg/KgBB, kontrol normal menggunakan Na CMC 0,5%, dan ekstrak etanol 70% daun sambung nyawa dosis 1 (90 mg/kgBB), dosis 2 (175 mg/kgBB) dan dosis 3 (350 mg/kgBB). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji one way anova dan uji LSD untuk mengetahui perbedaan perlakuan. Hasil penelitian dan uji LSD menunjukkan bahwa semua dosis ekstrak etanol 70% daun sambung nyawa mempunyai efek diuretik dibandingkan dengan kontrol normal. Kelompok dosis 1 dan dosis 3 ekstrak etanol 70% daun sambung nyawa tidak berbeda bermakna dengan kontrol positif. Hasil urin kumulatif rata-rata tertinggi dihasilkan oleh kelompok dosis 2 ekstrak etanol 70% daun sambung nyawa yaitu 8,30 ml dan berbeda bermakna dengan kontrol positif.

Kata kunci: Gynura procumbens, sambung nyawa, diuretik, volume urin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item