Pengaruh Perbandingan Konsentrasi Carnauba Wax Dan Candelilla Wax Terhadap Sifat Fisik Sediaan Lipstik Minyak Almond (Prunus Amygdalus L.)

Wahyuningtyas Yuanita, Hana dan Ari Widayanti, Ari dan Yudi, Srifiana (2022) Pengaruh Perbandingan Konsentrasi Carnauba Wax Dan Candelilla Wax Terhadap Sifat Fisik Sediaan Lipstik Minyak Almond (Prunus Amygdalus L.). Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170376_HANA YUANITA WAHYUNINGTYAS.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170376_HANA YUANITA WAHYUNINGTYAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu komponen utama lipstik adalah waxes. Waxes yang sering digunakan pada pembuatan lipstik yaitu carnauba wax dan candelilla wax. Carnauba wax digunakan sebagai peningkat kekerasan dan suhu leleh sedangkan candelilla wax memiliki sifat mengikat minyak dan menghasilkan tekstur yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan konsentrasi carnauba wax dan candelilla wax terhadap sifat fisik sediaan lipstik. Dengan perbandingan konsentrasi carnauba wax dan candelilla wax, yaitu 1:1, 1:2, 1:3, 2:1, 3:1 dengan jumlah konsentrasi wax 15%. Hasil uji yang dilakukan berdasarkan suhu leleh dan kekerasan menunjukkan adanya pengaruh terhadap perbandingan wax tersebut. Perhitungan statistik ANOVA satu arah terhadap suhu leleh dan kekerasan diperoleh nilai <0,05 menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara suhu leleh dan kekerasan pada tiap formula. Pada perbandingan 3:1 memiliki hasil suhu leleh dan kekerasan paling tinggi. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa perbandingan konsentrasi carnauba wax lebih besar daripada candelilla wax dapat meningkatkan suhu leleh dan kekerasan sediaan lipstik.

Kata kunci: Lipstik, Carnauba wax, Candelilla wax. PENGARUH

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13238

Actions (login required)

View Item View Item