Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Umbi Wortel (Daucus Carota L.) Terhadap Peningkatan Memori Spasial Pada Tikus Model Demensia

Ulumuddin, Miftah dan Sediarso, Sediarso dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Umbi Wortel (Daucus Carota L.) Terhadap Peningkatan Memori Spasial Pada Tikus Model Demensia. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170366_MIFTAH ULUMMUDIN.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170366_MIFTAH ULUMMUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Demensia adalah penurunan yang progresif terhadap fungsi kognitif, tingkah laku dan kepribadian akibat penyakit pada hemisfer serebri. Umbi wortel mengandung karotenoid yang diketahui mampu mengurangi kerusakkan oksidatif yang menyebabkan demensia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak umbi wortel dengan cara meningkatkan memori spasial pada pengamatan uji Radial Arm Maze (RAM) pada tikus model demensia yang diinduksi Electroconvulsive Shock (ECS). Penelitian ini menggunakan 5 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 ekor tikus. Kelompok I (kontrol normal) dan kelompok II (kontrol negatif) diberi aquadest. Kelompok III (dosis I), kelompok IV (dosis II), dan kelompok V (dosis III) diberi ekstrak umbi wortel masing-masing 148 mg/kgbb, 296 mg/kgbb, dan 444 mg/kgbb secara oral. Semua kelompok dinduksi dengan ECS kecuali kelompok I. Gambaran peningkatan memori spasial diperoleh melalui uji RAM III. Data hasil uji kemudian dianalisa secara statistik dengan one way ANOVA. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0.00 (p<0.05), disimpulkan ekstrak etanol 70% umbi wortel (Daucus carota L.) pada dosis 148 mg/kgbb, 296 mg/kgbb dan 444 mg/kgbb dapat meningkatkan memori spasial pada tikus model demensia yang diinduksi ECS.

Kata Kunci : Demensia, Karotenoid, Umbi Wortel, Memori Spasial,
Electroconvulsive shocks, Radial Arm Maze

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:47
Last Modified: 09 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item