Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Pati Biji Alpukat (Persea Americana Mill.) Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Sifat Fisik Tablet Hisap Ekstrak Kental Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra Linn.)

Kumala Lionie, Anneke dan Inding, Gusmayadi dan Landyyun Rahmawan Sjahid, Landyyun (2022) Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Pati Biji Alpukat (Persea Americana Mill.) Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Sifat Fisik Tablet Hisap Ekstrak Kental Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra Linn.). Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170363_ANNEKE LIONIE KUMALA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170363_ANNEKE LIONIE KUMALA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selama ini pemanfaatan biji alpukat dinilai masih kurang maksimal. Padahal biji alpukat mengandung pati yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengikat pada formulasi sediaan tablet hisap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan konsentrasi pati biji alpukat sebagai bahan pengikat terhadap kekerasan dan kerapuhan tablet hisap ekstrak kental akar manis (Glycyrrhiza glabra Linn.) dengan metode granulasi basah. Tablet hisap dibuat dalam 4 formula dengan konsentrasi pati biji alpukat sebagai bahan pengikat yang berbeda yaitu 5, 10, 15 dan 20%. Evaluasi tablet hisap meliputi uji penampilan, keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur. Hasil uji kekerasan dan kerapuhan dianalisa menggunakan ANOVA satu arah dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Hasil menunjukkan bahwa konsentrasi pati biji alpukat 15% dan 20% menghasilkan tablet hisap yang memenuhi persyaratan kekerasan sediaan tablet hisap. Sedangkan tablet yang memenuhi persyaratan kerapuhan hanya pada tablet hisap dengan konsentrasi pati biji alpukat sebesar 20%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan konsentrasi pati biji alpukat sebagai bahan pengikat dapat meningkatkan kekerasan dan menurunkan kerapuhan tablet hisap.

Kata Kunci : Akar manis, Pati biji alpukat, Tablet hisap

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:47
Last Modified: 09 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13228

Actions (login required)

View Item View Item