Peran Edukasi Terhadap Peningkatan PengetahuanPenggunaan Antibiotik Pada Masyarakat Di Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur

Ichsaniar, Ichsaniar dan Priyanto, Priyanto dan Wiyati, Tuti (2019) Peran Edukasi Terhadap Peningkatan PengetahuanPenggunaan Antibiotik Pada Masyarakat Di Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190352_ICHSANIAR.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190352_ICHSANIAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan tentang penggunaan obat antibiotik yang benar merupakan sesuatu
hal yang penting. Edukasi penting untuk dilakukan dalam penggunaan antibiotik
agar penggunaannya benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran
edukasi menggunakan brosur pada tingkat pengetahuan masyarakat terhadap
penggunaan antibiotik di Kelurahan Malaka Sari. Penelitian ini menggunakan
desain study one group pre-test dan post-test. Responden diambil secara Cluster
random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner yang
telah diuji validasi. Brosur yang berisi infomasi tentang penggunaan antibiotik
diberikan kepada responden setelah pre-test dilakukan. Jumlah responden yang
diperoleh adalah 107 responden. Hasil pre-test, 57,9% tingkat pengetahuan
tergolong tinggi, 42,1% tingkat pengetahuan tergolong sedang. Hasil post-test,
100% responden memiliki pengetahuan tinggi. Berdasarkan hasil analisa statistik
menggunakan uji T Berpasangan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan penggunaan brosur sebagai alat edukasi terhadap peningkatan
pengetahuan (sig<0,050). Dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi berupa
brosur dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat Kelurahan Malaka Sari
tentang penggunaan antibiotik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:07
Last Modified: 18 Jul 2022 03:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item