Analisis Hubungan Tingkat Kepatuhan Pasien Asma Rawat Jalan Dengan Tingkat Kontrol Asma Di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Hasanah, Rizqa Putri dan Wiyati, Tuti dan Wulandari, Nora (2019) Analisis Hubungan Tingkat Kepatuhan Pasien Asma Rawat Jalan Dengan Tingkat Kontrol Asma Di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190313_RIZQA PUTRI HASANAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190313_RIZQA PUTRI HASANAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Asma merupakan peradangan kronis saluran napas yang ditandai dengan serangan berulang. Salah satu tujuan penatalaksanaan asma adalah mencegah serangan berulang dengan menggunakan obat-obat pengontrol jangka panjang (controller). Ketidakpatuhan terhadap pengobatan masih menjadi masalah dalam tatalaksana asma sehingga asma dapat membatasi aktivitas pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat kepatuhan dengan tingkat kontrol asma. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Tingkat kepatuhan dinilai dengan MMAS-8 (Morisky Medication Adherence Scale 8) dan tingkat kontrol asma dinilai dengan ACT (Asthma Control Test). Hubungan keduanya dianalisis dengan uji spearman. Jumlah responden sebanyak 41 orang. Hasil menunjukkan responden dengan kepatuhan rendah sebanyak 28 orang (68,3%), kepatuhan sedang sebanyak 12 orang (29,3%), dan kepatuhan tinggi sebanyak 1 orang (2,4%). Responden dengan asma sangat tidak terkontrol sebanyak 24 orang (58,5%), tidak terkontrol baik sebanyak 12 orang (29,3%), dan terkontrol baik sebanyak 5 orang (12,2%). Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepatuhan dengan tingkat kontrol asma (P = 0,009).

Kata Kunci: Pasien Asma, Tingkat Kepatuhan, Tingkat Kontrol Asma

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 10 Feb 2022 10:49
Last Modified: 08 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

View Item View Item