Uji Aktivitas Fraksi Ekstrak Etanol 96% Herba Kangkung Air (Ipomoea Aquatica Forssk.) Sebagai Nefroprotektor Pada Tikus Putih Jantan Bedasarkan Penurunan Kadar Serum Kreatinin

Maulida, Herlina dan Sunaryo, Hadi dan Efendi, Kriana (2019) Uji Aktivitas Fraksi Ekstrak Etanol 96% Herba Kangkung Air (Ipomoea Aquatica Forssk.) Sebagai Nefroprotektor Pada Tikus Putih Jantan Bedasarkan Penurunan Kadar Serum Kreatinin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190307_HERLINA MAULIDA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190307_HERLINA MAULIDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Herba kangkung air (Ipomoea aquatica Forssk.) mengandung senyawa aktif, salah satunya flavonoid, yang merupakan golongan flavonol. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan ginjal. Tujuan penelitian ini ialah melakukan uji aktivitas fraksi ekstrak etanol 96% herba kangkung air sebagai nefroprotektor dengan parameter kadar kreatinin pada tikus jantan yang diinduksi gentamisin. Penelitian ini menggunakan 30 ekor hewan tikus yang dibagi dalam 6 kelompok. Kelompok kontrol normal (tanpa perlakuan), kelompok kontrol positif dengan pemberian kuersetin dosis 50 mg/kgBB, kelompok kontrol negatif, kelompok uji dengan pemberian fraksi n-heksan dengan dosis 7,5 mg/kgBB, fraksi etil asetat dengan dosis 60,5 mg/kgBB dan fraksi air dengan dosis 317,5 mg/kgBB yang diberikan selama 7 hari berturut-turut (semua hewan uji diinduksi dengan gentamisin kecuali kelompok kontrol normal). Data kadar kreatinin yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Semua zat uji dapat mencegah peningkatan kadar kreatinin darah, secara statistik semua kelompok fraksi menunjukkan perbedaan bermakna dengan kontrol negatif (p<0,05) menunjukkan adanya aktivitas nefroprotektor. Dari ketiga fraksi menunjukkan bahwa fraksi etil asetat memberikan aktivitas nefroprotektor paling baik yang sebanding dengan kontrol positif (p>0,05).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 10 Feb 2022 10:46
Last Modified: 18 Jul 2022 03:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item