Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Iler (Plectranthus Scutellarioides (L.) R. Br) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperkolesterolemia

Rachmawati, Desy dan Sediarso, Sediarso dan Rusdi, Numlil Khaira (2018) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Iler (Plectranthus Scutellarioides (L.) R. Br) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperkolesterolemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190301_DESY RACHMAWATI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190301_DESY RACHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hiperkolesterolemia adalah keadaan dimana terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Daun Iler mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai antihiperkolesterolemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol 70% daun iler terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperglikemia dan hiperkolesterolemia yang diinduksi dengan aloksan dan pakan tinggi kolesterol. Hewan uji hamster Syrian jantan dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, masing-masing terdiri dari 4 ekor hamster. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol positif) diberi atorvastatin 2,47mg/kgbb, kelompok III (kontrol negatif), kelompok IV,V,VI (kelompok perlakuan) diberi ekstrak etanol 70% daun iler dengan dosis masing-masing 240, 480, 720 mg/kgbb. Pengambilan darah hamster melalui sinus orbitalis yang kemudian diperiksa kadar kolesterol dan LDL darahnya secara enzimatis. Data penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperglikemia dan hiperkolesterolemia dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak etanol 70% daun iler dengan dosis III (720mg/kgbb) dapat menurunkan kadar kolseterol total hamster sebesar 54,32% dengan rata-rata kadar 166 mg/dl dan dapat menurunkan kadar LDL darah sebesar 59,03% dengan rata-rata kadar 141,25mg/dl maka aktivitas dosis III (720mg/kgbb) tidak memiliki perbedaan bermakna dengan atorvastatin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 10 Feb 2022 10:43
Last Modified: 18 Jul 2022 03:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item