Uji Aktivitas Antelmintik Fraksi Etil Asetat Ekstrak Etanol 70% Biji Pepaya (Carica Papaya L.) Dalam Yoghurt Terhadap Cacing Ascaridia Galli Pada Ayam (Gallus Gallus) Secara In Vivo

Thalib, Najwa dan Priyanto, Priyanto dan Arif, Ridi (2019) Uji Aktivitas Antelmintik Fraksi Etil Asetat Ekstrak Etanol 70% Biji Pepaya (Carica Papaya L.) Dalam Yoghurt Terhadap Cacing Ascaridia Galli Pada Ayam (Gallus Gallus) Secara In Vivo. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190298_NAJWA THALIB.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190298_NAJWA THALIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Biji pepaya (Carica papaya L.) dikenal sebagai bagian tanaman obat yang dapat digunakan sebagai antelmintik. Pada penelitian sebelumnya fraksi etil asetat ekstrak etanol 70% biji pepaya kering memiliki aktivitas antelmintik terhadap cacing Ascaridia galli secara in vitro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antelmintik terbaik dari fraksi etil asetat ekstrak etanol 70% biji pepaya dengan menggunakan yoghurt dan metode ekstraksi maserasi terhadap cacing gelang (Ascaridia galli) pada ayam gallus . Masing-masing kelompok fraksi biji pepaya dan pirantel pamoat sebagai kontrol positif diinfeksikan dengan 500 telur cacing Ascaridia galli kecuali pada kontrol normal. Data yang diperoleh berupa data slope penambahan berat badan dan persentase mortalitas cacing yang kemudian dianalisis menggunakan data statistik SSPS. Hasil penelitian menunjukkan fraksi etil asetat ekstrak etanol 70% biji pepaya dalam yoghurt memiliki aktivitas antelmintik dengan persen kematian berturut-turut 76,80%, 85,40%, 88,80% dan pirantel pamoat 93,00%. Fraksi etil asetat ekstrak etanol 70% biji pepaya memiliki nilai terbaik pada dosis III dengan persen kematian sebesar 88,80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 05:12
Last Modified: 08 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item View Item