Molecular Docking Kandungan Senyawa Flavonoid Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L.) Terhadap Enzim Xantin Oksidase Sebagai Anti Hiperurisemia

Zahra, Andesta Putri dan Hariyanti, Hariyanti dan Rizky Arcinthya Rachmania, Rizky (2022) Molecular Docking Kandungan Senyawa Flavonoid Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L.) Terhadap Enzim Xantin Oksidase Sebagai Anti Hiperurisemia. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190278_ZARA ANDSTA PUTRI.pdf]
Preview
Text
FFS_FARMASI_S03-190278_ZARA ANDSTA PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hiperurisemia adalah keadaan terjadinya kadar asam urat yang meningkat diatas normal. Hiperurisemia dapat diatasi dengan cara menurunkan kadar asam urat melalui penghambatan enzim xantin oksidase. Tujuan penelitian ini adalah mencari kandungan senyawa flavonoid terbaik dari kayu secang yang memiliki score ChemPLP dan memenuhi aturan Lipinski’s Rule of Five. Sebelas senyawa dari kandungan flavonoid kayu secang akan dibandingkan dengan allopurinol. Pada penelitian ini digunakan aplikasi yaitu PLANTS. Hasil penelitian ini menunjukkan senyawa flavonoid kayu secang yang memiliki nilai score chemPLP terendah adalah sappan kalkon dengan nilai yang diperoleh sebesar -95,7374 kkal/mol. Score chemPLP allopurinol -98,8155 kkal/mol sehingga, sappan kalkon bisa dikembangkan sebagai kandidat obat antihiperurisemia karena score chemPLP nya tidak berbeda jauh dengan allopurinol dan dapat dijadikan kandidat obat oral karena memenuhi syarat Lipinski’s Rule of Five.

Kata Kunci: Caesalpinia sappan L, Flavonoid, Antihiperurisemia, Molecular Docking.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:45
Last Modified: 09 Feb 2022 04:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item