Uji Toksisitas Sub Akut Ekstrak Etanol 70% Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lam.) Pada Mencit (Mus Muscullus) Dengan Parameter Kadar Kreatinin Dan Histologi Ginjal

Fauziah, Syifa dan Efendi, Kriana dan Dwitiyanti, Dwitiyanti (2018) Uji Toksisitas Sub Akut Ekstrak Etanol 70% Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lam.) Pada Mencit (Mus Muscullus) Dengan Parameter Kadar Kreatinin Dan Histologi Ginjal. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190277_SYIFA FAUZIYAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190277_SYIFA FAUZIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional adalah biji nangka (Artocarpus heterophyllus Lam.) Pada penelitian sebelumnya, ekstrak biji nangka mempunyai efek sebagai anti hiperglikemia. Penggunaan obat-obat herbal sebagai anti hiperglikemia biasanya digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek toksik yang di timbulkan setelah pemberian berulang ekstrak biji nangka. Uji toksisitas subakut menggunakan dosis tertinggi yang tidak menyebabkan kematian yaitu 250mg/kgBB, 500mg/kgBB, 1000mg/kgBB diberikan secara peroral selama 30 hari. Pengamatan yang telah dilakukan meliputi pengamatan gejala toksik, pengamatan histologi dan pemeriksaan kadar kreatinin tidak menunjukkan adanya gejala toksik dan kerusakan pada organ dilihat dari diameter glomelurus dan jarak ruang antara glomelurus dengan kapsul bowman . Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan ekstrak etanol 70% biji nangka dalam satu bulan tidak menimbulkan efek toksik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:45
Last Modified: 19 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12737

Actions (login required)

View Item View Item