Gambaran Resistensi Echerichia Coli Terhadap Beberapa Antibiotik Pilihan Terapi Pada Pasien Infeksi Saluran Kemih Di Rsud Koja Jakarta Periode Februari 2017-Februari 2018

Luthfi, Muhammad dan Wahyudi, Priyo dan Latumahina, Anugrah Sitta (2018) Gambaran Resistensi Echerichia Coli Terhadap Beberapa Antibiotik Pilihan Terapi Pada Pasien Infeksi Saluran Kemih Di Rsud Koja Jakarta Periode Februari 2017-Februari 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190275_MUHAMMAD LUTHFI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190275_MUHAMMAD LUTHFI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang terjadi di sepanjang saluran kemih. Bakteri yang menginfeksi saluran kemih masih didominasi oleh bakteri Gram negatif seperti E. coli, Klebsiella, P. aeruginosa, dan bakteri Gram positif yaitu Enterococcus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola resistensi bakteri E. coli terhadap beberapa antibiotik pilihan terapi yang diberikan pada pasien infeksi kemih di ruang rawat inap RSUD Koja Jakarta periode Februari 2017-Februari 2018. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data sesuai kriteria inklusi data pasien ISK berdasarkan nomor rekam medik, nama pasien, umur, jenis kelamin, antibiotik yang digunakan, serta data hasil uji sensitivitas bakteri E. coli terhadap beberapa antibiotik pilihan terapi dari spesimen urin pasien ISK dengan alat Vitek 2 Compact. Berdasarkan hasil penelitian gambaran resistensi bakteri E. coli terhadap beberapa antibiotik terapi yang digunakan menunjukkan bahwa seftriakson merupakan antibiotik dengan angka resistensi tertinggi yaitu 50% dan Gentamisin merupakan antibiotik dengan angka sensitif tertinggi yaitu 15%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:44
Last Modified: 18 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item