Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Polivinilpirolidon Sebagai Pengikat Pada Sifat Fisik Tablet Kunyah Ekstrak Kering Jahe Merah (Zingiber Officinale Rosc.) Dengan Zink Sulfat

Sholehah, Teti Najdati dan Gusmayadi, Inding dan Priyanto, Priyanto (2021) Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Polivinilpirolidon Sebagai Pengikat Pada Sifat Fisik Tablet Kunyah Ekstrak Kering Jahe Merah (Zingiber Officinale Rosc.) Dengan Zink Sulfat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190272_TETI NADJAH SHOLEHAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190272_TETI NADJAH SHOLEHAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tablet kunyah memiliki syarat kekerasan 3 KgF, untuk mencapai nilai tersebut dapat menggunakan pengikat yang cocok. Pada penelitian ini digunakan Polivinilpirolidon yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan ikatan antar partikel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PVP sebagai bahan pengikat pada tablet kunyah ekstrak jahe merah dan zink sehingga menghasilkan tablet yang memenuhi syarat secara fisik. Metode pembuatannya granulasi basah karena ekstrak kering jahe merah stabil terhadap pemanasan dan kelembapan. Tablet dibuat dalam 5 formula dengan peningkatan konsentrasi PVP untuk F1 0,5%, F2 1,6%, F3 2,8%, F4 3,9%, dan F5 5,0%. Evaluasi granul yang dilakukan meliputi waktu alir, sudut diam, dan kompresibilitas dan evaluasi tablet meliputi uji kekerasan dan kerapuhan. Hasil uji granul yang diperoleh waku alir dan sudut diam F1 tidak memenuhi syarat sedangkan F2 sampai F5 memenuhi syarat. Hasil uji evaluasi tablet berdasarkan analisa statistik menunjukkan bahwa kekerasan untuk F1 tidak memenuhi syarat, sedangkan F2 sampai F5 memenuhi syarat. Untuk kerapuhan F1 juga tidak memenuhi syarat, F2 sampai F5 memenuhi syarat dan kerapuhan terbaik adalah F3 dan F4. Dapat disimpulkan bahwa kenaikan kadar PVP berpengaruh terhadap sifaft fisik tablet yaitu kekerasan dan kerapuhan, dan didapat formula terbaik adalah F3 dan F4 dengan kadar PVP 2,6% dan 3,9%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:43
Last Modified: 19 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item