Hubungan Antara Tingkat Kepatuhan Dan Kualitas Hidup Pasien Hiv/Aids Dalam Mengkonsumsi Obat Antiretroviral Di Puskesmas Kecamatan Matraman Jakarta Timur

Yudith Purwo, Widagdo dan Numlil Khaira Rusdi, Numlil dan Nurhasnah, Nurhasnah (2022) Hubungan Antara Tingkat Kepatuhan Dan Kualitas Hidup Pasien Hiv/Aids Dalam Mengkonsumsi Obat Antiretroviral Di Puskesmas Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190271_YUDITH PURWO WIDAGDO.pdf]
Preview
Text
FFS_FARMASI_S03-190271_YUDITH PURWO WIDAGDO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan masalah kesehatan yang mengancam Indonesia dan berbagai negara lainnya. Epidemi HIV/AIDS diseluruh dunia terus mengalami peningkatan. Penderita HIV/AIDS memerlukan pengobatan dengan Antiretroviral (ARV) untuk menurunkan jumlah virus HIV didalam tubuh agar tidak masuk ke stadium AIDS. Kepatuhan terapi ARV sangat diperlukan untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan, meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepatuhan mengkonsumsi obat ARV dengan kualitas hidup pasien HIV/AIDS di Puskesmas Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan rancangan survey cross-sectional dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cara total sampling dengan sampel berjumlah 36 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner MMAS-8, EQ-5D-5L dan EQ-VAS dan penelitian ini dianalisis menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan antara tingkat kepatuhan mengkonsumsi obat ARV dengan kualitas hidup (EQ-5D-5L) karena nilai p yaitu 0,419 lebih dari alpha 5% (0,419 > 0,05) dan pada EQ-VAS menunjukkan tidak ada hubungan antara kepatuhan dengan kualitas hidup karena nilai p konstan.

Kata Kunci : HIV/AIDS, Kepatuhan, Kualitas Hidup
Hubungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:42
Last Modified: 09 Feb 2022 04:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item