Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol 70% Daun Tempuyung (Sonchus Arvensis Linn.) Terhadap Peningkatan Jumlah Trombosit Pada Tikus Putih Jantan Yang Diinduksi Heparin

Novianti, Diny dan Siska, Siska dan Pahriyani, Ani (2016) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol 70% Daun Tempuyung (Sonchus Arvensis Linn.) Terhadap Peningkatan Jumlah Trombosit Pada Tikus Putih Jantan Yang Diinduksi Heparin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190270_DINY NOVIANTI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190270_DINY NOVIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun tempuyung (Sonchus arvensis Linn.) memiliki aktivitas dalam meningkatkan jumlah sel darah. Pada penelitian sebelumnya daun tempuyung (Sonchus arvensis Linn.) dapat meningkatkan jumlah leukosit dan komponennya serta IL-2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol 70% daun tempuyung terhadap peningkatan jumlah komponen sel darah lainnya yaitu trombosit pada tikus trombositopenia.Pada penelitian ini 25 ekor tikus dibagi secara acak menjadi 5 kelompok perlakuan. Kontrol negatif diinduksi heparin selama 3 hari, kontrol normal diberikan Na-CMC 0,5%, kelompok dosis I, dosis II, dosis III diinduksi heparin dan diberikan ekstrak daun tempuyung masing-masing 50 mg/kg BB, 100 mg/kgBB, dan 200 mg/kgBB selama 8 hari. Darah diambil sebelum induksi, setelah induksi dan setelah pemberian ekstrak melalui ekor. Pemeriksaan jumlah trombosit padahematology analyzer Mindray BC 3000. Hasil analisis anova satu arah menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara dua kelompok atau lebih (p<0,05). Hasil analisis uji Tukey menunjukkan bahwa, dosis I, II, dan III mampu meningkatkan jumlah trombosit, karena terdapat perbedaan yang bermakna (p<0,05) dengan kontrol negatif. Pada dosis I, II, dan III tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p>0,05). Ini menunjukkan semua dosis dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:42
Last Modified: 18 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item