Tingkat Pengetahuan Swamedikasi Pada Anggota Muhammadiyah Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kemayoran Jakarta Pusat Tahun 2018

Solichin, Rizqiadin dan Gusmayadi, Inding dan Sunaryo, Hadi (2019) Tingkat Pengetahuan Swamedikasi Pada Anggota Muhammadiyah Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kemayoran Jakarta Pusat Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190265_RIZQIADIN SOLICHIN.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190265_RIZQIADIN SOLICHIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Swamedikasi adalah penggunaan obat-obatan oleh seseorang untuk mengobati segala keluhan ringan pada diri sendiri atas inisiatif sendiri atau tanpa konsultasi medis yang berkaitan dengan indikasi, dosis, dan lama penggunaan obat. Kurangnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat dalam melakukan pengobatan sendiri dapat menjadi sumber terjadinya kesalahan dalam pengobatan. Dalam hal ini apoteker berperan penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat agar masyarakat terhindar dari penggunaan yang salah dalam mengkonsumsi obat dan dari penyalahgunaan obat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan swamedikasi yang dilakukan pada anggota Muhammadiyah Kemayoran Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan alat ukur kuisioner yang sudah dilakukan validasi. Jumlah responden yang mengikuti penelitian ini adalah 107 responden dan dipilih dengan metode consecutive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan swamedikasi yang diperoleh pada anggota Muhammadiyah Kemayoran memiliki pengetahuan sangat tahu yaitu 102 responden atau 95,33% dengan rentang skor (41-50) dan yang memiliki pengetahuan tahu 5 responden atau 4,67% dengan rentang skor (31-40).

Kata Kunci : Swamedikasi, Anggota muhammadiyah, Pengetahuan, PCM Kemayoran

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:44
Last Modified: 06 Aug 2022 04:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item